Jumat, 27 April 2018

LAPORAN KERJA PROYEK KELOMPOK 5 XII TKJ 3 SMK N 1 SLAWI 2018


LAPORAN TUGAS AKHIR

KERJA PROYEK

MEMBUAT PROYEKTOR SEDERHANA MENGGUNAKAN KARDUS UNTUK HP YANG DIHUBUNGKAN DENGAN LAPTOP YANG DIGUNAKAN DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI JURUSAN TKJ SMK N 1 SLAWI

Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mengikuti Ujian Nasional Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan


Disusun Oleh :

Kelompok 5

1.      Rini Irmayani                              (12073)
2.      Rizqi Khoerunnisa                      (12074)
3.      Sandi Duari Laksono                  (12075)
4.      Sevia Munaroh                            (12076)
5.      Suci Nur Hikmah                        (12077)

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

SMK NEGERI 1 SLAWI
KAB TEGAL JAWA TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2017/2018



PENGESAHAN



Dengan ini menyatakan bahwa :

MEMBUAT PROYEKTOR SEDERHANA MENGGUNAKAN KARDUS UNTUK HP YANG DIHUBUNGKAN DENGAN LAPTOP YANG DIGUNAKAN DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI JURUSAN TKJ SMK N 1 SLAWI


Alamat blog : Kelompok5xiitkj3smkn1slawi2018.blogspot.com



Telah diuji dan dipresentasikan di hadapan guru guru penguji kerja proyek.



                                                                                                       Slawi,      April 2018


                       Penguji 1                                                                                 Penguji 2                                            




Y. Agung I, S.E, S.Kom, M.Pd                                              Ade Setyadi Pratama,ST  
                198107062008011007





Kaprodi TKJ SMKN 1 Slawi



Y.Agung.I,S.E,S.Kom,M.Pd
198107062008011007



Kepala Sekolah SMKN 1 Slawi




Drs. Sufian, M.Eng
19611011 198610 1 001


KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas rahmat dan hidayah-Nyalah kami dapat menyelesaikan laporan ini.
            Laporan ini kami susun sebagai tanda bukti bahwa kami telah menyelesaikan tugas mata pelajaran Kerja Proyek. Serta, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada:
1.      Allah SWT yang telah memberikan kelancaran dalam pengerjaan kerja Proyek ini.
2.      Orang tua kami yang telah memberikan dukungan dan motivasi kepada kami.
3.      Bapak Drs. Sufian, M. Eng Selaku Kepala SMK Negeri 1 Slawi.
4.      Bapak Y. Agung I, SE, S.kom. M.Pd selaku Kepala Program Paket Keahlian TKJ.
5.      Bapak Y. Agung I, SE, S.kom. M.Pd selaku Pembimbing I.
6.      Bapak dan Ibu guru SMK Negeri 1 Slawi.
7.      Teman-teman di SMK Negeri 1 Slawi, khususnya teman-teman XII TKJ.
            Kami sadari proposal ini masih jauh dari kesan sempurna. Maka dari itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak. Kami berharap dengan adanya laporan ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca dan dijadikan refrensi untuk Kerja Proyek pada tahun berikutnya.


Slawi,   April 2018

                      
             Penyusun,


ABSTRAKSI

Proyektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sitem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video  ke dinding atau layar. Proyektor LCD diciptakan oleh penemu New York Gene Dolgoff. Proyektor memiliki fungsi seperti, sebagai alat presentasi, sebagai pemutar video, dan sebagai media informasi. Selain memiliki fungsi, proyektor juga memiliki beberapa bagian seperti, power supply, ballast, mainboard, optical engine, lampu, LCD dan DMD, color wheel, lensa zoom, dan fan atau kipas.
Jurusan TKJ memang tidak terlepas dari proyektor, dalam pembelajaran di Jurusan TKJ memang sering menggunakan metode pembelajaran berupa presentasi yang menggunakan file dan di tampilkan di proyektor. Tentunya kebanyakan orang tahu bahwa proyektor terbuat dari bahan-bahan yang berbau elektronik dan tentu harganya mahal. Tetapi di sini penulis mencoba membuat proyektor sederhana yang berbahan dari kardus dengan biaya yang terjangkau. Penulis ingin menciptakan sebuah proyektor yang mudah dalam pembuatannya dan juga mudah dalam penerapannya.
SMK N 1 Slawi berdiri di awal bulan Agustus 1965. SMK N 1 Slawi mempunyai beberapa jurusan seperti, Bismen (AK, AP, PM) dan IT (TKJ, MM, RPL) yang tentu semua jurusan sering menggunakan proyektor untuk mempermudah pembelajaran. Sekolah menyediakan proyektor untuk semua jurusan tapi ada sedikit beberapa proyektor yang rusak sehingga jumlah proyektor yang dapat digunakan semakin minim. Dengan demikian, penulis membuat proyektor sederhana ini untuk menggantikan proyektor yang rusak dan bisa juga dijadikan inventaris.
Proyektor sederhana yang penulis buat berbahan dari kardus dengan alat pendukung lainnya seperti Laptop dan HP sebagai media presentasi. Cara membuatnya juga cukup mudah dengan menyiapkan semua bahan yang diperlukan seperti kardus, lensa cembung dan alat seperti, gunting, lem, perekat dll. Yang pertama dengan membuat kardus sesuai ukuran yang di inginkan, buat lubang di depan untuk menaruh lensa dan dipastikan ukuran sesuai lensa, buat penyagak HP di tengah-tengah kardus untuk mempermudah saat akan menampilkan file. Untuk penerapannya juga sangat mudah Taruh HP di penyagak yang sudah dibuat, tampilkan file yang sudah disiapkan, secara otomatis proyektor akan menampilkan gambar dari HP dengan penerangan alami dari cahaya HP. Untuk membuat proyektor ini penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data seperti, observasi, wawancara, dan dokumenter. Untuk menyelesaikan proyek ini penulis membutuhkan waktu 5 bulan, dari mulai pengajuan proposal, pembuatan, presentasi, hingga pengujian.
Penulis di sini juga diperkenankan untuk mengajukan beberapa saran. Hasil proyektor sederhana ini diharapkan menggantikan LCD proyektor yang rusak, Penulis berharap dengan adanya proyektor sederhana ini dapat mempermudah proses KBM di jurusan TKJ SMK N 1 Slawi, dan proyektor sederhana ini diharapkan dapat dijadikan inventaris di jurusan TKJ SMK N 1 Slawi.

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN................................................................................................ ii
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................................ iii
KATA  PENGANTAR............................................................................................................ iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1      Latar Belakang.......................................................................................................... 1
1.2      Rumusan Masalah..................................................................................................... 2
1.3      Tujuan Penelitian....................................................................................................... 2
1.4      Manfaat Penelitian.................................................................................................... 2
1.5      Batasan Masalah....................................................................................................... 2
1.6      Sistematika Penulisan................................................................................................ 3
BAB II LANDASAN TEORI
2.1  Proyektor.....................................................................................................................  5
2.1.1 Pengertian Proyektor.................................................................................................  5
2.1.2 Fungsi Proyektor.......................................................................................................  5
2.1.3 Bagian-Bagian Proyektor..........................................................................................  5
2.1.4 Jenis-Jenis Proyektor................................................................................................  6
2.2 Laptop..........................................................................................................................  6
2.2.1 Pengertian Laptop.....................................................................................................  7
2.2.2 Perbedaan Laptop, Netbook, dan Notebook.............................................................  8
2.3 Kegiatan Belajar Mengajar..........................................................................................  9
2.4 Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan...................................................................... 10
2.4.1 Pengertian Teknik Komputer dan Jaringan.............................................................. 10
2.4.2 Materi-materi jurusan TKJ....................................................................................... 10
2.4.3 Silabus dan Kurikulum jurusan TKJ........................................................................ 11
2.4.4 Peluang Jurusan TKJ................................................................................................ 11
BAB III Metodelogi Penelitian
3.1     SMK Negeri 1 Slawi...............................................................................................   16
3.1.1 Sejarah..........................................................................................................   16
3.1.2 Motto............................................................................................................   17
3.1.3 Visi dan Misi................................................................................................   18
3.1.4 Kebijakan Mutu............................................................................................   18
3.1.5 Kurikulum....................................................................................................   19
3.1.6 Struktur Organisasi.......................................................................................   19
3.1.7 Nama Guru dan Staff Karyawan.................................................................   21
3.1.8 Ekstrakulikuler.............................................................................................   23
3.1.9 Program Keahlian.........................................................................................   23
3.1.10 Fasilitas.......................................................................................................   24
 3.2   Jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Slawi.....................................................................   25
       3.2.1 Sejarah TKJ..................................................................................................   25
              3.2.2 Visi dan Misi................................................................................................   25
              3.2.3 Tujuan...........................................................................................................   25
              3.2.4 Struktur Organisasi.......................................................................................   26
              3.2.5 Guru yang mengajar.....................................................................................   26
              3.2.6 Jumlah Kelas dan Siswa...............................................................................   27
       3.3    Metode Pengumpulan Data.................................................................................   27
       3.4    Waktu Pelaksanaan..............................................................................................   28
Bab IV  PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN
       4.1  Pembuatan Proyektor Sederhana Menggunakan Kardus......................................   30
           4.1.1  Alat dan Bahan...............................................................................................   30
           4.1.2 Biaya Tenaga Kerja.........................................................................................   31
           4.1.3 Cara Membuat Proyektor menggunakan kardus.............................................   32
    4.2 Penerapan..................................................................................................................   33
Bab V    KESIMPULAN DAN SARAN
     5.1  Kesimpulan..............................................................................................................   35
     5.2  Saran........................................................................................................................   35


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Projektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sitem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar. Proyektor LCD diciptakan oleh penemu New York Gene Dolgoff. Dia mulai bekerja di dalam perguruan tinggi pada tahun 1968 sebagai cara untuk menghasilkan proyektor video yang akan lebih terang dari pada proyektor 3-CRT kemudian tersedia. Idenya adalah untuk menggunakan elemen disebut sebagai “katup cahaya” untuk mengatur jumlah cahaya yang melewati itu. Hal ini akan memungkinkan penggunaan sumber cahaya yang sangat eksternal. Setelah mencoba banyak bahan yang berbeda, ia menetap di kristal cair untuk memodulasi cahaya pada tahun 1971. Butuh waktu dia sampai tahun 1984 untuk mendapatkan crystal display dialamatkan cair(LCD), ketika itulah ia membangun proyektor pertama di dunia LCD. Setelah bangunan itu, dia melihat banyak masalah yang harus di perbaiki termasuk yang hilang cahaya utama dan piksel sangat terlihat. Dia kemudian menemukan metode optik baru untuk menciptakan efisiensi yang tinggi dan proyektor high brightness dan menciptakan depixelization untuk menghilangkan tampilan piksel. Dengan paten di seluruh dunia, ia mulai projectavision, Inc pada tahun 1988, pertama di dunia LCD proyektor perusahaan lain seperti Panasonic dan Samsung. Teknologi dan perusahaan mulai industri proyeksi digital. Pada tahun 1989 ia dianugerahi kontrak Darpa pertama ($ 1 juta) untuk mengusulkan bahwa standar HDTV AS harus menggunakan pengolahan digital dan proyeksi. Sebagai anggota National Association of Manufactures Fotografi (NAPM) Standar Sub-komite, IT7-3, ia bersama dengan Leon Shapiro, co-mengembangkan standar ANSI seluruh dunia untuk pengukuran kecerahan, kontras, dan resolusi proyektor elektronik. Saat ini produsen hanya sisa LCD untuk proyektor LCD jepang pencitraan perusahaan Epson dan Sony. Epson memiliki teknologi dan telah dicap sebagai “3LCD”. Untuk memasarkan teknologi 3LCD proyektor, Epson juga membentuk konsorsium yang disebut “3LCD Grup” pada tahun 2005 dengan lisensi produsen proyektor lainnya teknologi 3LCD yang menggunakannya di dalam model proyektor mereka.

1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang harus di selesaikan adalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana cara membuat proyektor sederhana dari kardus.
  2. Bagaimana cara menggunakan proyektor sederhana dari kardus untuk kegiatan belajar mengajar di jurusan TKJ SMK Negeri 1 Slawi.
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari Kerja Proyek yang berjudul “Membuat Proyektor Sederhana Dari Kardus untuk HP” yaitu:
  1. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat proyektor sederhana dari kardus.
  2. Untuk mengetahui bagaimana cara mengggunakan proyektor sederhana dari kardus untuk kegiatan belajar mengajar di jurusan TKJ SMK Negeri 1 Slawi.
1.4 Batasan Masalah
Batasan masalah pada Kerja Proyek yang dilakukan adalah:
  1. Laporan ini hanya membahas bagaimana cara membuat proyektor sederhana dari kardus.
  2. Laporan ini hanya akan membahas bagaimana cara menggunakan proyektor sederhana dari kardus untuk kegiatan belajar mengajar di jurusan TKJ SMK Negeri 1 Slawi.
1.5 Manfaat Penelitian
Manfaat yang di dapat dari Kerja Proyek yang berjudul “Membuat Proyektor Sederhana dari kardus untuk HP ”adalah:
  1. Peneliti
  1. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat proyektor sederhana dari kardus.
  2. Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan proyektor sederhana dari kardus untuk kegiatan belajar mengajar di jurusan TKJ SMK Negeri 1 Slawi
  3. Untuk memenuhi tugas mapel kerja proyek kelas XII TKJ Tahun ajaran 2017/2018.
  1. Guru
  1. Untuk penilaian kinerja kerja proyek kelas XII TKJ Tahun ajaran 2017/2018
  2. Untuk membantu memudahkan kegiatan belajar mengajar
  1. Sekolah
  1. Menambah iventaris khususnya jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Slawi
1.6 Sistematika Penulisan
Halaman Judul
Lembar Persetujuan
Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
Bab I Pendahuluan
    1. Latar Belakang
    2. Rumusan Masalah
    3. Tujuan Penelitian
    4. Batasan Masalah
    5. Manfaat Masalah
    6. Sistematika Penulisan
Bab II Landasan Teori
    1. Proyektor
      1. Pengertian Proyektor
      2. Fungsi Proyektor
      3. Bagian-Bagian Proyektor
      4. Jenis-Jenis Proyektor
    2. Laptop
      1. Pengertian Laptop
      2. Perbedaan Laptop, Netbook, dan Notebook
    3. Kegiatan Belajar Mengajar
    4. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan
      1. Pengertian Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan
      2. Materi-materi jurusan TKJ
      3. Silabus dan Kurikulum jurusan TKJ
      4. Peluang Jurusan TKJ
Bab III Metodelogi Penelitian
    1. SMK Negeri 1 Slawi
      1. Sejarah
      2. Motto
      3. Visi dan Misi
      4. Kebijakan Mutu
      5. Kurikulum
      6. Struktur Organisasi
      7. Nama Guru dan Staff Karyawan
      8. Ekstrakulikuler
      9. Program Keahlian
      10. Fasilitas
    1. Jurusan TKJ Di SMK Negeri 1 Slawi
      1. Sejarah TKJ
      2. Visi dan Misi
      3. Tujuan
      4. Struktur organisasi
      5. Guru yang Mengajar di TKJ SMK Negeri 1 Slawi
      6. Jumlah kelas dan siswa
    2. Metode Pengumpulan Data
    3. Waktu Pelaksanaan
Bab IV Perancangan dan Pembahasan
4.1 Pembuatan Proyektor Sederhana Menggunakan Kardus
4.1.1 Alat dan Bahan
4.1.2 Biaya Tenaga Kerja
4.1.3 Cara Membuat Proyektor Menggunakan Kardus
4.2 Penerapan
Bab V Kesimpulan dan Saran
    1. Kesimpulan
    2. Saran


BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Proyektor
2.1.1 Pengertian Proyektor
Proyektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar. Dibandingkan dengan media yang lain seperti Plasma atau LCD Display, projector memiliki beberapa kelebihan seperti, dapat membuat tampilan yang sangat besar, dapat di bawa dengan mudah serta fleksibilitas yang tinggi.
2.1.2 Fungsi Proyektor
1. Sebagai Alat Presentasi
Projector dapat membuat sebuah presentasi menjadi lebih hidup, karena dengan tampilan gambar atau tulisan itu kita dapat memberikan presentasi yang lebih dinamis dan atraktif.
2. Sebagai Pemutar Video (Home Theater)
Dengan Projector kita dapat menikmati bioskop di dalam rumah. Ini dikarenakan proses tampilan yang terjadi di bioskop bisa kita tampilkan di rumah, yaitu dengan proyeksi.
3. Sebagai Media Informasi
Karena Projector dapat menampilkan tampilan dengan layar besar, maka projector sangat efektif untuk dijadikan sebagai media informasi.
2.1.3 Bagian-Bagian Proyektor
  1. Power Supply, Berfungsi memberikan supply tegangan kepada seluruh sistem proyektor
  2.  Ballast, Berfungsi memberikan catuan tegangan untuk menyalakan lampu dan memberikan informasi kepada mainboard bahwa ballast bekerja normal.
  3. Mainboard, Berfungsi melakukan proses pengaturan dan pengontrolan pada sistem projector
  4. Optical Engine, Berfungsi mengatur dan mendistribusikan cahaya (untuk type DLP), Berfungsi memecah warna RGB (untuk type LCD)
  5. Lampu, Berfungsi sebagai sumber cahaya bagi sistem proyektor
  6. LCD dan DMD, Sebagai penampil gambar sebelum diproyeksikan
  7. Color Wheel, Berfungsi sebagai pemilah warna terhadap waktu pada proyektor teknologi DLP
  8. Lensa Zoom, berfungsi melakukan pembesaran dan pengecilan citra proyeksi, Lensa Focus berfungsi melakukan focus citra proyeksi
  9. Fan / Kipas, Berfungsi sebagai pendingin pada sistem proyektor
      1. Jenis-Jenis Proyektor
  1. Proyektor LCD
Proyektor ini merupakan jeni proyektor yang lebih modern dan merupakan teknologi yang di kembangkan dari jenis sebelumnya dengan fungsi sama yaitu Overhead Projektor (OHP) karena pada OHP datanya masih berupa tulisan pada kertas bening.
  1. Proyektor Digital
Proyektor digital ini di gunakan untuk mengkonversi data bentuk gambar secara langsung dari komputer ke sebuah layar melalui sitem lensa. Proyektor digital memainkan peranan penting dalam pembentukan sistem Home thaeter. Empat teknologi yang di pakai dalam proyektor digital ini yaitu, intensitas tinggi CRT,LCD Proyektor LCD menggunakan gerbang cahaya. Texas instruments ,Teknologi DLP.
  1. Proyektor CRT
Proyektor CRT atau biasa disebut juga dengan Katoda Ray Tube yang memanfaatkan proyektor kuno tabung gambar yang sudah digunakan pada TV konvensional selama beberapa dekade. Dengan jenis proyektor ini , tiga CRT, plus lensa pembesar, dipakai untuk melemparkan sebuah gambar ke layar. Para CRT dipakai untuk memproyeksi warna utama yaitu, merah,biru, dan hijau. Adanya tiga tabung yang berbeda warna dalam proyektor CRT, membuat proyektor ini lumayan lebih besar dan berat.
  1. Proyektor LCOS
Teknologi pada jenis ini memanfaatkan keunggulan dua teknologi yang sudah hadir sebelumnya, yaitu LCD dan DLP. Teknologi LCOS lebih mudan di produksi dan ringan di bandingkan LCD. Resolusi yang dihasilkan juga lebih baik dari LCD. Bahkan resolusi teknologi ini diperhitungkan bisa mencapai QXGA, yaitu 2048 x 1536 pixel.
  1. Proyektor DLP
Pada proyektor terakhir ini, sebuah gambar diciptakan oleh kaca kecil mikroskopis yang di susun dalam sebuah matrix di atas chip semikonduktor, dikenal sebagai Digital Micromirror Device. Jumlah kaca sama dengan resolusi gambar yang di projeksikan: 800x600, 1024x768, dan 1280x720 matrix merupakan beberapa ukuran DMD yang umum.
2.2 Laptop
2.2.1 Pengertian Laptop
Laptop adalah komputer bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah) yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dari spesifikasi laptop tersebut, laptop dapat digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari komputer. Mereka termasuk layar, keyboard, dan trackpad atau trackball, yang berfungsi sebagai mouse . Karena laptop dimaksudkan untuk digunakan di mana saja, Laptop memiliki baterai yang memungkinkan untuk beroperasi tanpa terhubung ke stopkontak (sumber listrik). Laptop juga termasuk adaptor daya yang memungkinkan untuk menggunakan daya dari stopkontak dan mengisi kembali baterai. Laptop secara signifikan lebih lambat daripada komputer desktop. tetapi kemajuan teknologi manufaktur telah memungkinkan laptop melakukan hampir sama dengan Komputer PC desktop. Bahkan, laptop high-end sering melakukan lebih baik daripada komputer desktop yang mempunyai spesifikasi rendah. Kebanyakan laptop juga mencakup beberapa I / O port, seperti USB port, yang memungkinkan keyboard standar dan mouse untuk digunakan dengan laptop. Laptop modern sering termasuk adaptor jaringan nirkabel / wireless, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet tanpa memerlukan kabel. Sebuah komputer laptop, biasanya disebut komputer notebook oleh produsen, terdiri dari baterai atau AC-powered komputer pribadi umumnya lebih kecil daripada tas yang dapat dengan mudah diangkut dan mudah digunakan di perpustakaan, kantor,atau pada pertemuan tertentu. Sebuah laptop biasanya berat kurang dari £ 5 dan 3 inci atau kurang tergantung ketebalannya. Di antara pembuat paling terkenal dari komputer laptop adalah IBM, Apple, Compaq, Dell, dan Toshiba. Laptop komputer umumnya lebih biaya dari komputer desktop dengan kemampuan yang sama karena mereka lebih sulit untuk merancang dan memproduksi. Sebuah laptop secara efektif dapat berubah menjadi sebuah komputer desktop dengan docking station , bingkai hardware yang memasok koneksi untuk input / output perangkat periferal seperti printer atau monitor yang lebih besar. Port replikator memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop ke sejumlah peripheral melalui colokan tunggal. Laptop biasanya menggunakan teknologi layar tipis.terdiri dari transistor atau layar matriks aktif lebih cerah dan pandangan yang lebih baik pada sudut yang berbeda dari STN atau layar dual-scan. Laptop menggunakan beberapa pendekatan yang berbeda untuk mengintegrasikan mouse ke dalam keyboard, termasuk touch pad ,trackball , dan pointing stick. Sebuah port serial juga memungkinkan mouse biasa bisa terpasang.PC Card adalah perangkat keras insertable untuk menambahkan modem atau network card ke laptop. CD-ROM dan digital hard disk serbaguna memungkin built-in atau attachable.
2.2.2 Perbedaan Laptop, Netbook, dan Notebook
Notebook, Netbook dan Laptop bukanlah satu nama yang sama. Ketiga nama tersebut berasal dari Bahasa Inggris, terutama Laptop. Banyak yang mengira bahwa laptop berasal dari Bahasa Indonesia, padahal, Bahasa Indonesia dari laptop adalah Komputer Jinjing. Hanya saja, karena pemanggilan nama laptop lebih familiar dan sudah lama dikenal, maka nama tersebut masih digunakan sebagai pemanggilan seluruh Komputer Portable yang ada.ukuran (6-13, 13,1-18, 18+) Perlu kita ketahui, yang disebut Netbook adalah yang memiliki ukuran layar antara 6-13 inci, kemudian Notebook yang memiliki ukuran 13.1-18 inchi, dan terakhir Laptop yang memiliki layar tebal dan ukuran lebih dari 18 inci ini dan tentunya juga lebih berat, karena penamaan laptop memang sudah dibuat dari 20 tahun yang lalu.spesifikasi dan komponen Netbook memiliki ukuran yang terbilang kecil, yakni 6-13 inci, tentu tidak bisa memiliki spesifikasi yang terlalu tinggi, biasanya hanya dibekali processor kelas menengah ke bawah dan tidak memiliki RAM lebih dari 2 GB, serta dengan grafis layar yang standar. Yang menjadi ciri khas dari Netbook adalah ketidakhadirannya DVD-ROM di dalam Netbook ini.
Bisa dikatakan Notebook adalah kelanjutan perkembangan dari Laptop, Notebook memiliki speisifikasi yang cukup memadai dan hampir sama dengan komputer jenis PC. Notebook bisa saja memiliki HardDisk yang besar, Processor yang kuat, dan memiliki DVD-ROM. Hanya saja, ada juga beberapa Notebook yang tidak memiliki DVD-ROM karena tuntutan ketipisan barang. Saat ini, sangat sulit untuk membedakan antara Notebook dan Laptop, karena menurut Saya sendiri, Notebook adalah reinkarnasi dari Laptop, dengan model dan komponen yang tidak berbeda jauh. Sedangkan untuk Netbook, tentu masih dapat dibedakan dengan kecilnya ukuran layar dan tidak memiliki DVD-ROM di dalamnya.
2.3 Kegiatan Belajar Mengajar
Proses belajar mengajar adalah proses mengorganisasi tujuan, bahan, metode dan alat serta penilaian sehingga satu sama lain saling berhubungan dan saling berpengaruh sehingga menumbuhkan kegiatan belajar pada diri peserta didik seoptimal mungkin menuju terjadinya perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan yang diharapkan. 
  1. Proses belajar mengajar juga merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai suatu tujuan tertentu. 
  2. Sementara itu Benyamin S. Bloom dalam bukunya The Taxonomy of Education Objective-Cognitive Domain(Bloom et al, 1956) menyatakan bahwa dalam proses belajar mengajar akan dapat diperoleh kemampuan yang terdiri dari 3 aspek, yaitu:
  1. Aspek pengetahuan (Cognitive).
  2. Aspek sikap (Affective).
  3. Aspek ketrampilan (Psychomotor). 
Aspek cognitive berhubungan dengan kemampuan individual mengenai dunia sekitar, meliputi perkembangan intelektual atau mental. Aspek affective mengenai perkembangan sikap, perasaan, nilai-nilai (perkembangan emosional dan moral). Sedangkan aspek psychomotor menyangkut perkembangan ketrampilan yang mengandung unsur motoris. Ketiga aspek itu secara sederhana dapat dipandang sebagai aspek yang bertalian dengan "head" (aspek kognitif), "heart" (affective) dan "hand" (psychomotor), yang ketiganya saling berhubungan erat, tidak terpisah satu dengan lainnya.  
2.4 Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan
2.4.1 Pengertian Teknik Komputer dan Jaringan
Jurusan TKJ adalah jurusan yang mempelajari tentang merakit komputer dan laptop, belajar sistem operasi, pengenalan dan praktik jaringan dasar, pemrograman web, belajar tentang sistem operasi jaringan dan mengadministrasi komputer server.
2.4.2 Materi-Materi Jurusan TKJ
TKJ tidak lepas dengan pelajaran merakit komputer. Dalam merakit komputer diperlukan ilmu dan tidak boleh asal-asalan. Jurusan TKJ membahas tentag komponen penyusun komputer, bagaimana merakit komputer yang baik dan benar, melakukan konfigurasi komponen komputer serta yang terakhir pengujian hasil perakitan.
Setelah dirakit, Jurusan TKJ belajar tentang Sistem Operasi. Setelah siswa merakit, selanjutnya adalah melakukan instalasi Sistem Operasi. Belajar Sistem operasi mencakup perkembangan sistem Operasi, Arsitekturnya, Partisi Hardis, Instalasi Sistem Operasi, sampai dengan memanajemen sistem operasi sehingga dapat digunakan oleh user.
Selain membahas tentang komputer, Jurusan TKJ juga membahas tentang Jaringan. Berhasil merakit serta melakukan instalasi sistem operasi, siswa diajarkan tentang membuat jaringan. Siswa belajar tentang macam-macam jaringan komputer, memahami referensi OSI, membuat jaringan dengan macam-macam topologi, belajar TCP, setting IP Addrress, membangun jaringan lokal, dan membangun jaringan server.
Jurusan TKJ juga belajar tentang pemrograman website. Pemrograman website membahas tentang bagaimana website dibuat, membuat tabel, membuat link, belajar HTML, belajar CSS, belajar PHP dan belajar MySQL.
Lebih dalam lagi Jurusan TKJ membahas tentang sistem operasi jaringan, yang dimulai dari menyusun kebutuhan server, merakit server, melakukan instalasi sistem operasi jaringan untuk server, mengadministrasi jaringan server, melakukan backup dan restore server, hal-hal yang berkaitan dengan manajemen, troubleshooting server,dan membuat service-service jaringan seperti DNS server, DHCP server dll.
Itulah beberapa hal yang akan dipelajari dalam Jurusan TKJ.  Semoga memberikan pencerahan, bagi siswa yang berminat mendalami dunia Komputer dan Jaringan.
2.4.3 Silabus dan Kurikulum Jurusan TKJ
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.
Silabus C2 berisi :
  1. Silabus Pemrograman Dasar
  2. Silabus Dasar Desain Grafis
  3. Silabus Komputer dan Jaringan Dasar
  4. Silabus Sistem Komputer.
Silabus C3 berisi :
  1. Silabus Administrasi Infrastruktur Jaringan
  2. Silabus Administrasi Sistem J aringan
  3. Silabus Produk Kreatif dan Kewirausahaan
  4. Silabus Teknologi Layanan Jaringan
  5. Silabus Teknologi WAN.
Kurikulum adalah peran mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.Kurikulum di Jurusan TKJ menggunakan Kurikulum 2013.

Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU
  1. Muatan Nasional
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
318
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
212
Bahasa Indonesia
354
Matematika
424
Sejarah Indonesia
108
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya
352
  1. Muatan Kewilayahan
Seni Budaya
108
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
144
Jumlah A dan B
2.020
  1. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
Simulasi dan Komunikasi Digital
108
Fisika
108
Kimia
108
C2. Dasar Program Keahlian
Sistem Komputer
72
  1. 1
Komputer dan Jaringan Dasar
108
  1. 1
Pemrograman Dasar
144
  1. 1
Dasar Desain Grafis
144
C3. Kompetensi Keahlian
Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
216
Administrasi Infrastruktur Jaringan 
522
Administrasi Sistem Jaringan
488
Teknologi Layanan Jaringan
488
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
350
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
2.856
Total
4.876
MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
  1. Muatan Nasional
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
3
3
3
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
Bahasa Indonesia
4
4
3
3
3
3
Matematika
4
4
4
4
4
4
Sejarah Indonesia
3
3
-
-
-
-
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya
3
3
3
3
4
4
  1. Muatan Kewilayahan
Seni Budaya
3
3
-
-
-
-
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
-
-
Jumlah A dan B
24
24
17
17
16
16
  1. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
Simulasi dan Komunikasi Digital
3
3
-
-
-
-
Fisika
3
3
-
-
-
-
Kimia
3
3
-
-
-
-
C2. Dasar Program Keahlian
Sistem Komputer
2
2
-
-
-
-
Komputer dan Jaringan Dasar
3
3




Pemrograman Dasar
4
4
-
-
-
-
  1. 1
Dasar Desain Grafis
4
4
-
-
-
-
C3. Kompetensi Keahlian
Teknologi WAN
-
-
6
6
-
-
Administrasi Infrastruktur Jaringan
-
-
6
6
9
9
Administrasi Sistem Jaringan
-
-
6
6
8
8
Teknologi Layanan Jaringan
-
-
6
6
8
8
Produk Kreatifdan Kewirausahaan
-
-
5
5
5
5
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
22
22
29
29
30
30
Total
46
46
46
46
46
46






2.4.4 Peluang Jurusan TKJ
Semua peluang dapat diciptakan oleh lulusan jurusan TKJ. Blogtkj.com telah sebutkan lebih dari 50 peluang yang dapat ditangkap oleh lulusan TKJ. Dunia sekarang mana ada yang tidak membutuhkan kompetensi seorang lulusan TKJ. Jika memang kompeten di jurusan TKJ, lulusan tidak akan kesusahan mencari peluang kerja, wirausaha maupun melanjutkan sekolah.


BAB III
METODELOGI PENELITIAN

3.1 SMK Negeri 1 Slawi
3.1.1 Sejarah
SMK Negeri 1 Slawi mulai berdiri di awal bulan Agustus 1965 yang dibentuk panitia persiapan pendirian SMEA yang beranggotakan:
  1. Bapak Imam Sudjaki
  2. Bapak Rahardjo
  3. Bapak Sikun Emidjojo
  4. Bapak Durtam
  5. Bapak Sumardji
  6. Bapak Irfan Supandi
  7. Bapak Sudarsono
Dengan bertempat di desa Preman/Dukuh Wringin Slawi, SMEA membuka 2 kelas dengan jumlah siswa 64 orang, guru 10 orang, dan karyawan 2 orang. Karena belum memiliki gedung sendiri SMEA masih menumpang pada SMA Negeri Slawi. Namun sejak bulan januari 1967 SMEA pindah ke Kagok tepatnya jln. Mayjen Sutoyo kecamatan Slawi, kabupaten Tegal jumlah guru menjadi 10 orang, karyawan 5 orang, ditambah 5 kelas dengan jumlah siswa 184 orang. Pada saat itu kepala sekolah dijabat oleh Bapak Soemardi BA. Dan semenjak itu pula status SMEA dinegerikan selama kurun waktu 25 tahun SMEA Negeri Slawi bertempat di Kagok. Namun pada tanggal 1 Juli 1992 SMEA Negeri pindah ke lokasi baru yaitu di Jln KH Agus Salim Procot Slawi. Lokasi baru ini dibangun berkat bantuan ADB Voced II secara bertahap. Dimulai dari bangunan, peralatan, praktek dan perabot dikirim dari Jakarta dan Semarang. Pengiriman terakhirpada bulan januari 1996. Masa jabatan bapak Soemardi BA. Sebagai kepala SMEA Negeri Slawi sejak berdirinya SMEA sampai dengan 30 April 1994.
Pada tanggal 1 Mei 1994 dengan hak pensiun beliau menyerahkan jabatan kepala SMEA Negeri 1 Slawi kepada Ir K. Muchtar Affandi sebagai YMT, yang pada masa itu Bapak Ir k Muchtar Affandimenjabat kepala SMT pertanian Tegal. Jabatan YMT tersebut berakhir pada tanggal 09 juni 1994. Dan diserahterimakan kepada bapak Adi Wasono, BA masa jabatan Bapak Adi Wasono BA berlangsung selama 2 tahun mulai tanggal 9 Juni 1994 sampai 12 Januari 1996
Pada tanggal 16 Januari 1996 diadakan serah terima jabatan kepala SMEA Negeri Slawi dari bapak Adi wasono, BA kepada bapak Mudjijono, BA mulai tanggal I Juli 1997 nama SMEA Negeri berubah menjadi SMK Negeri 1 Slawi. Bapak Mudjijono, BA menjabat kepala sekolah sampai dengan tanggal 12 September 2001 karena pada tanggal 13 September 2001 beliau telah meninggal dunia. Oleh karena itu pada tanggal 14 September 2001 SMK Negeri Slawi dijabat oleh bapak Agoes Angkat Rahardjo sebagai YMT, sedangkan jabatan beliau masa itu kepala SMK Negeri 2 Adiwerna . dan sejak tanggal 31 Desember 2002 beliau bapak Drs Angkat Raharjo diangkat secara definitive sebagai kepala SMK Negeri 1 Slawi sampai dengan sekarang dan pada dan pada tanggal 15 Oktober 2004 SMK Negeri 1 Slawi Program Unggulan Akutansi ditetapkan sebagai sekolah Berstandar Internasional berdasarkan SK Direktur Pendidikan Menengah dan Kejuruan no 2833/ C5.3/ MN/2004. Karena pada tahun 2007 Bpak Drs Angkat Rahardjo dipindah tugaskan maka serah terima jabatan Kepala SMK Negeri 1 Slawi diserahkan kepada Bapak Samsul Mutasodirin, MM , dilanjutkan bapak purwanto hadi susetyo,Spd,Mpd dan yang saat ini adalah bapak Drs.Ikhwan,MM. Setelah bapak ikhwan pensiun sementara dipegang sebagai Plt adalah bapak Imron Effendi,S.P,M.Pd, dilanjutkan sebagai plt adalah bapak Drs.Parjana,MM berlanjut ke bapak Imron Efendi,S.P,M.Pd sebagai plt kembali dan sekarang adalah bapak Drs. Sufian,M.Eng.
3.1.2 Motto SMK Negeri 1 Slawi
Motto SMK NEGERI 1 SLAWI yaitu “Pelayanan prima, unggul dalam mutu, tinggi dalam prestasi”
Janji Pelayanan SMK NEGERI 1 SLAWI
  1. Disiplin dalam bekerja, santun dalam bahasa, sopan dalam bertindak, prima dalam pelayanan.
  2. Memberikan informasi yang jelas, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan.
  3. Menerima dan menanggapi masukan, kritik dan saran.
3.1.3 Visi dan Misi
Visi:
Menjadi sekolah unggulan dalam prestasi dan menghasilkan tamatan yang mampu bersaing pada tingkat nasional dan internasional yang dilandasi iman dan taqwa.
Misi:
  1. Menumbuhkan semangat keunggulan dan kompetitif secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
  2. Melaksankan kegiatan belajar mengajar secara optimal yang beroreantasi kepada pencapaian kompetensi berstandar nasional dan internasional dengan tetap mempertimbangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik.
  3. Melaksanakan kegiatan keagamaan sesuai agama yang dianut dan menumbuhkan cinta budaya bangsa sebagai kearifan dalam bertindak.
  4. Meningkatkan hubungan sekolah dengan DU/DI, lembaga sertifikasi yang telah memiliki reputasi nasional dan internasioal.
  5. Menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000.
3.1.4 Kebijakan Mutu SMK Negeri 1 Slawi
  1. Mutu pelayanan pendidikan untuk membentuk siswa unggul dalam prestasi, kualitas dalam produksi, siap bersaing di era globalisasi, mandiri, disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan peduli keselamatan kerja adalah prinsip dasar penyelenggaraan pendidikan SMK Negeri 1 Slawi yang terus dikembangkan sesuai tuntutan perubahan zaman.
  2. Untuk menjaga konsistensi penerapan prinsip di atas SMK Negeri 1 Slawi menciptakan sistem komunikasi yang interaktif melalui penerapan sistem manajemen mutu yang difokuskan pada perbaikan setiap aspek organisasi, khususnya sumber daya manusia dan sumber daya pendukung.
  3. Kepala sekolah, guru dan karyawan memiliki komitmen kuat dalam meningkatkan harkat dan martabat manusia guna pencapaian setiap target yang terkait dengan kebijakan.
3.1.5 Kurikulum
Struktur kurikulum yang dipakai di SMK Negeri 1 Slawi adalah Kurikulum 2013.
3.1.6 Struktur Organisasi SMK Negeri 1 Slawi
  • Kepala sekolah :  Drs. Sufian, M. Eng
  • Quality Management Representative : Dra. Dyah Widyastuti
  • Kepala Tata Usaha: Sobirin, S.Pd
  • Wakil – Wakil Kepala Sekolah
  1. WK Kurikulum : Tri budi Rahmadi,S.Pd
  2. WK Kesiswaan :  Dwi Wuryatni,S.Pd
  3. WK ketenagaan dan Sarpras : Elly Sulistiani,S.Pd
  4. WK Hubungan Masyarakat: Maria Berti Veronika,S.Pd
  • Unit Kerja Khusus
  1. Direktur SMEAN BANK : Istianah, S.Pd
  2. Ketua Bursa Kerja Khusus : Drs. Sugi
  3. Ketua Unit Produksi : Drs. Sugi
  4. Direktur SMEAN MART : Tri Rindarmani, S.Pd
  5. Direktur SMEAN TOUR : Elly Sulistiani, S.Pd
  6. Staf SMM ISO
  • Ketua-Ketua Program Keahlian
  1. Teknik Komputer dan Jaringan : Y.Agung.I,S.E,S.Kom,M.Pd
  2. Multimedia : Ratna Vika ,S.Kom
  3. Rekayasa Perangkat Lunak : Pratomo, S.Kom
  4. Akutansi : Siti Istianah, S.Pd
  5. Administrasi Perkantoran : Siti Umrida, S.Pd
  6. Pemasaran : Siwi Handayani, S.Pd
  • Kepala Urusan pada Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
  1. Evaluasi dan Pengajaran : Dra Ningsih
  2. Rembang Kurikulum : Sri Retnoningsih
  3. Perpustakaan/ Media Pendidikan : Mualifah, S.Pd
  • Kepala urusan pada wakil kepala sekolah bidang kesiswaan
  1. Koord. Pembina OSIS : Dwi Wuryatni, S.Pd
  2. Ka Gudep : Drs Muh. Aminudin
  3. STP2K : Drs Partana
  4. Bimbingan Karir Siswa/ BP : Jamilah, S.Pd
  • Kepala urusan pada wakil kepala sekolah bidang ketenagaan dan sarpras
  1. Sarana dan prasarana dan MR : Drs Partana
  • Kepala urusan pada wakil kepala sekolah bidang Humas dan HI
    1. Kerja sama industri dan Prakerin
    2. Pengembangan karir siswa : Semua Kapro
    3. Bursa Kerja Khusus( BKK) :Drs Sugi
  • Staf Urusan Kurikulum pada Program Keahlian
      1. Teknik Komputer dan Jaringan : Yulistya Agung I, S.E., S.Kom,M.Pd
      2. Akutansi : Berty, S.Pd
      3. Administrasi perkantoran : Sri Retnoningsih, S.Pd
      4. Pemasaran : Dra Suharni
  • Staf Urusan Kesiswaan pada Program keahlian
    1. Teknik Komputer dan Jaringan : Luqman Azhar J. S.Pd
    2. Akutansi : Siti Istianah, S.Pd
    3. Administrasi Perkantoran : Dra Sri Sarwiyati
    4. Pemasaran : Nurlina Any, SE
  • Staf urusan sarana dan prasarana Program keahlian
  1. Teknik Komputer dan Jaringan : Wahidin, S. Kom
  2. Akutansi : Ayu Firdi, SE
  3. Administrasi perkantoran : Siti Umrida, S.Pd
  4. Pemasaran : Tri Budi Jati Rahmadi, S.Pd
  • Staf urusan Humas dan Hubungan Industri pada Program Keahlian
      1. Teknik Komputer dan Jaringan : Yulistya Agung I, S.E., S.Kom,M.Pd
      2. Akutansi : Drs. Partana
      3. Administrasi perkantoran : Sri Wahyuni, S.Pd
      4. Pemasaran : Tri Budi Jati Rahmadi

3.1.7 Nama Guru dan Staf Karyawan SMK Negeri 1 Slawi
Nama Guru SMK NEGERI 1 SLAWI
NO
NAMA GURU
1 Drs. Sufian, M. Eng
2 Ratnawati Dyah Winarni, S.Pd
3 Dra. Sri Sarwiyati
4 Dra. Suharni
5 Drs. Kasmari
6 Sri Kartinah, S.Pd
7 Dra. Ningsih
8 Agung Budiharjo, S.Pd
9 Drs. Nur Aminudin
10 Drs. Riyanto Slamet Riyadi
11 Drs. Sugeng Sutrisno
12 Drs. Partana
13 Dra. Noor Hayati
14 Drs. Sugi
15 Dra. Dyah Widiastuti
16 Dra. R.A. Siti Maryam Valentina
17 Drs. Muhammad Aminudin
18 Dwi Wuryatni Haryuningsih, S.Pd
19 Tri Rindarmani, S.Pd
20 Elly Sulistiani, S.Pd
21 Asmawi, S.Pd
22 Sunarni, S.Pd
23 Feronika Mariya Berti K., S.Pd
24 Dwi Handoko, S.Si
25 Lisdiana, S.Pd
26 Pratomo, S.Kom
27 Tri Budi Jati Rahmadi, S.Pd
28 Mualifah, S.S
29 Nurlina Any Pantirawati, SE
30 Siti Istianah, S.Pd
31 Kaniah, S.Ag, MPd.I
32 Akhmad Khanan, S.Ag, MPd.I
33 Sis Purdiyanto, S.Pd
34 Sri Whahyuni, S.Pd
35 Haryati, S.Si
36 Siti Umrida, S.Pd
37 Sri Retnoningsih, S.Pd
38 Nur Khikmah, S.Pd
39 Indah Eko Cahyani, S.Pd
40 Diah Permana Sari, S.Pd
41 Ayu Firdhi Hapsari, S.Pd
42 Yulistiya Agung I, SE. S.Kom, M.Pd
43 Sri Sumiyati, S.Pd
44 Sri rejeki, S.Pd
45
Endah Setyorini, S.Pd
46 Wiwit Isaroh, S.Pd
47 Wirjamhari, S.Pd
48 Siwi Handayani, S.Pd
49 Drs. Muhammad Amirudin
50 Jamilah, S.Pd
51 Elviatun, S.Pd
52 Fysta Sahita, S.Pd
53 Saryoto, S.Si
54 Luqman Azhar Juliantri, M.Pd
55 Ila Rahmawati, S.Pd
56 Ratna Vikasetya, S.Kom
57 Sri Daryanti, S.Pd
58 Ariyanti, SE
59 Katmini, S.Pd
60 Wahidin, S.Kom
61 Ika Indah Lestari, S.Si
62 Nugroho Tedi Haryanto, S.Pd
63 Karyoto, S.Pd
64 Yulia Nur Fajar Aini, S.Pd
65 Ika Yuliani, S.Pd
66 Nurul Maulina Diah T, S.Pd
67 Suci Erningsih, M.Pd
68 Indriani Ika Widi H, S.Pd
69 Endah yuniarti, S.Pd
70 Lutfiyatun, S.Pd
71 Sangga Hariroza, S.Pd
72 Aulya rahmawati, S.Pd
73 Izza Ayu Nur A, S.Pd
74 Novi Hidayati. S.Kom
75 Siti Suryani, S.Pd
76 Arif Mulyadi, S.Pd..I
77 Hanif Fuadi Nurdin, S.Kom
78 Bobi Gunawan, S.Pd
79 Anung Aninidhita Aufa, S.Pd
80 Eki Sudiarti, S.Pd
81 Riska Giska Pratama
82 Arma Setyo Nugrahani
83 Azis Dwi Afriyanto
84 Nurul Fanani, S.Pd. Kom
85 Arina Nur Ifadaniyati, S.Pd
86 Neni Mersita, S.Pd
87 Anisah Farah
88 Muh.Biqih Arzaq
89 Ling Ling Isyroha
90 Ade Setyadi Pratama,ST
91 Eldiana Aulia, S.Pd
92 Laela Fauziyah, S..Kom
93 Afriyani, S.Pd
94 Happy Ladi Ami Heavy Metalina, S.pd
95 Dewi Nurastiyani,S.Pd
96 Prisma Naufaludin, S.Pd
97 Fauziyah Arvianti, S.Pd

Nama Staff Karyawan SMK NEGERI 1 SLAWI
NO
NAMA STAFF TU
1
Siti rodiyah
2
Pudji Rahayu
3
Widji Asmiasih
4
Siti Khariyah, S.Pd
5
Henryy Haryanto
6
Mulyono
7
Sabar
8
Abu Amar
9
Harwoto
10
MuktiWibowo
11
Slamet
12
Sardikin
13
Adila Pratiwi, S.Pd
14
Muh Maskuri, S.Pd
15
Ganda Rizki, S.Kom
16
Wiji Harto
17
Andita Fitrahardany, A.Ma. Pust
18
Apri Subandi
19
Mafudi
20
Andi Chip Hartanto, SE
21
Priaji Fajar Firmansyah
22
Siti Nur Aindri
23
Sobirin
24
Aliif Saputra
25
Firman Hidayatulloh



3.1.8 Ekstakulikuler
  1. Pramuka
  2. Paskibra
  3. PKS
  4. PMR
  5. Rohis
3.1.9 Program Keahlian
SMK Negeri 1 Slawi mempunyai 6 program keahlian yaitu:
        1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
        2. Multimedia (MM)
        3. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
        4. Akutansi (AK)
        5. Pemasaran (PM)
        6. Administrasi Perkantoran (AP)


3.1.10 Fasilitas yang Terdapat di SMK Negeri 1 Slawi
  1. Aula
  2. Laboratorium
  • Laboratorium Administrasi Perkantoran
  • Laboratorium Akutansi
  • Laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan
  • Laboratorium KKPI
  • Lab Bahasa Inggris
  1. Perpustakaan
  2. Masjid
  3. Mushola
  4. Hostpot Area
  5. Toilet
  6. UKS
  7. ICT
  8. Ruang TUK ( Tempat Uji Kompetensi)
  9. Kantin
  10. SMEAN Mart
  11. SMEAN Bank
  12. SMEAN Comp
  13. Tempat Parkir
  14. Lapangan Basket
  15. Lapangan Voley
  16. Sanggar Seni
  17. Sanggar Pramuka
  18. Sanggar PMR
  19. Sanggar Paskibra
  20. Sanggar PKS
3.2 Jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Slawi
3.2.1 Sejarah TKJ
Program Keahlian TKJ SMK Negeri 1 Slawi diajukan pada tanggal 2 April 2005 dan disetujui pada tanggal 3 Mei 2005 oleh Drs. Sartono. MM
3.2.2 Visi dan Misi
Visi: 
Menjadi kompetensi keahlian unggulan dalam prestasi dan menghasilkan tamatan yang mampu bersaing pada tingkat nasional dan internasional yang diimbangi dengan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi serta dilandasi iman dan taqwa.
Misi:
          1. Menumbuhkan semangat keunggulan dan kompetitif di bidang Teknologi informasi dan komunikasi secara intensif kepada seluruh warga sekolah
  1. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara optimal yang berorientasi pada pencapaian kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan berstandar nasional dan internasional
  2. Melaksanakan kegiatan pelatihan dibidang teknologi informasi dan komunikasi
  3. Meningkatkan hubungan kompetensi keahlian dengan DU/DI, lembaga sertifikasi profesi telematika.
3.2.3 Tujuan
        1. Menyiapkan tamatan untuk memasuki lapangan kerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi
        2. Menyiapkan siswa mampu memiliki karier dan mampu berkompetensi di bidang teknologi informasi dan komunikasi
        3. Menyiapkan tenaga kerja bidang teknologi informasi tingkat menengah yang terampil
        4. Menyiapkan tamatan di bidang teknologi informasi yang dapat mandiri
3.2.4 Struktur Organisasi Jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Slawi
  • Kepala Sekolah Drs. Sufian, M. Eng
  • Ketua Kompetensi Keahlian : Yulistya Agung I, S.E., S.Kom,M.Pd
  • Sekretaris: Dwi Handoko,S.Si
  • Penanggung jawab lab:
        1. Lab Perakitan : M.Biqih Arzak, S.Kom
        2. Lab LAN dan WAN : Nurul Fanani, S.Pd.Kom
        3. Lab SO : Ade S. Pratama, S.T
      • Teknisi : Firman H.
      • Kurikulum dan KBM : Luqman Azhar J. , M.Pd
      • Sarana dan Prasarana : Ade S. Pratama, S.T
      • Humas Prakerin : Arina Nur I. , S.Pd
      • Anggota : Guru-guru Produktif TKJ SMK N 1 Slawi
      • Ketua Unit Produksi : Yulistya Agung I. S.E, S.Kom, M.Pd
      • Bendahara Unit Produksi : Arina Nur I. , S.Pd
3.2.5 Guru yang Mengajar di TKJ SMK Negeri 1 Slawi
a. Guru Produktif TKJ di SMK Negeri 1 Slawi
  1. Y.Agung.I,S.E,S.Kom,M.Pd
  2. Dwi Handoko, S. Si
  3. Ade Setiyadi,S.T
  4. Nurul Fanani S.Pd.Kom
  5. Arina Nur Ifadaniyati S.Pd
    1. Guru umum TKJ di SMK Negeri 1 Slawi
        1. Drs. Sugi
        2. Drs. Sugeng Sutrisno
        3. Tri Rindarmani, S.Pd
        4. Indah Eko Cahyani, S.Pd
        5. Ila Rahmawati, S.Pd
        6. Nur Khikmah, S.Pd
        7. Dra. Ningsih Sri Sumiyati
        8. Riyanto Slamet Riyadi, S.Pd
        9. Wijamhari, S.Ag
        10. Endah Yuniarti, S.Pd


3.2.6 Jumlah kelas dan Siswa
        1. Jumlah kelas = 11 Kelas
  • Kelas X = 3 Kelas
  • Kelas XI = 4 Kelas
  • Kelas XII = 4 Kelas
        1. Jumlah siswa = 337 Siswa
Kelas X TKJ 1 = 32
Kelas X TKJ 2 = 32
Kelas X TKJ 3 = 32
Kelas XI TKJ 1 = 30
Kelas XI TKJ 2 = 29
Kelas XI TKJ 3 = 29
Kelas XI TKJ 4 = 29
Kelas XII TKJ 1 = 32
Kelas XII TKJ 2 = 30
Kelas XII TKJ 3 = 30
Kelas XII TKJ 4 = 32
3.3 Metode Pengumpulan Data
Metode dan instrumen yang sering diartikan sama, padahal berbeda. Metode dan instrumen ini berkenaan dengan cara bagaimana memperoleh data yang diperlukan. Metode lebih menekankan pada strategi, proses dan pendekatan dalam memilih jenis karakteristik serta dimensi ruang dan waktu dari data yang diperlukan. Sedangkan instrumen menekankan kepada alat atau cara untuk menjaring data yang dibutuhkan. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam pengumpulan data, yang akan dibahas di bawah ini.
1. Pengamatan (Observasi)
Pengamatan atau observasi adalah metode pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung kepada objek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan. Dimana kegiatan ini dilakukan dengan mencatat informasi yang dilihat, selain melihat juga bisa mendengarkan dan merasakan yang kemudian dicatat seobyektif mungkin.
  1. Survei
Survei adalah metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen untuk meminta tanggapan dari responden tentang sampel.
  1. Wawancara
Wawancara adalah bentuk komunikasi langsung antara peneliti dan responden. Wawancara juga merupakan suatu cara pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi langsung dari sumbernya.
  1. Dokumenter
Dokumenter adalah catatan tertulis tentang berbagai kegiatan atau peristiwa pada waktu yang lalu. Semua dokumen yang berhubungan dengan penelitian yang bersangkutan perlu dicatat sebagai sumber informasi.
  1. Focus Group Discussion (FGD)
Focus Group Discussion (FGD) adalah teknik pengumpulan data yang umumnya dilakukan pada penelitian kualitatif dengan tujuan menemukan makna sebuah tema menurut pemahaman sebuah kelompok.
  1. Teknik triangulasi
triangulasi diartikan sebagai teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Ada beberapa jenis triangulasi antara lain : triangulasi data, triangulasi peneliti, triangulasi metodologis, triangulasi teoritis
Dari 6 metode pengumpulan data yang di paparkan di atas, kami menggunakan metode pengumpulan data sebagai berikut :
            1. Observasi yaitu metode pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung kepada objek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan. 
          1. Wawancara adalah bentuk komunikasi langsung antara peneliti dan responden. Wawancara juga merupakan suatu cara pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi langsung dari sumbernya.
          2. Dokumenter adalah catatan tertulis tentang berbagai kegiatan atau peristiwa pada waktu yang lalu. Semua dokumen yang berhubungan dengan penelitian yang bersangkutan perlu dicatat sebagai sumber informasi.


3.4 Waktu Pelaksanaan
Waktu Pelaksanaan Kerja Proyek dari bulan September 2017 sampai bulan Januari 2018
NO
KEGIATAN
SEPT
OKT
NOV
DES
JAN
1 Perumusan Masalah




















2 Penentuan Judul




















3 Pembuatan Proposal dan Laporan




















4 Proses Produksi




















5 Pengayaan Internal




















6 Pengujian Hasil Kerja Proyek




















7 Revisi




















                                                 Tabel 3.1 Waktu Pelaksanaan


BAB IV
PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN

    1. Pembuatan Proyektor Sederhana Menggunakan Kardus
      1. Alat Dan Bahan
Dalam pembuatan Proyektor Sederhana dari kardus adapun alat dan bahan yang digunakan adalah :
  1. Alat
Alat yang digunakan untuk membuat Proyektor Sederhana dari kardus terdiri dari :
NO
NAMA ALAT
HARGA
1. Cutter Rp. 5000
2. Penggaris Rp. 2000
3. Pulpen Rp. 3000
4. Gunting Rp. 5.000
5. Lakban Rp. 5.000
6. Lem Rp. 6000
7. Double tip Rp. 3.000
Jumlah
Rp. 29.000
Tabel 1 Alat yang dibutuhkan beserta harganya
  1. Bahan
Bahan yang digunakan untuk membuat Proyektor Sederhana dari kardus terdiri dari :
NO BAHAN HARGA
1. Kardus Rp. 5.000
2. Styrofoam Rp. 5.000
3. Kaca Pembesar Rp. 300.000
4. Lensa Cembung Rp. 40.000
5. Laptop/netbook Rp. 2.000.000
6. HP Rp. 1.500.000
Jumlah
Rp. 3.850.000







Tabel 2 Bahan yang dibutuhkan beserta harganya

      1. Biaya Tenaga Kerja
NO
Biaya
Satuan Biaya
Jumlah
Satuan
Total
1.
Tenaga Kerja
Rp. 100.000
5
Orang
Rp. 500.000
Total Keseluruhan
Rp. 4.350.000
                                                Tabel 3 Biaya tenaga kerja
4.1.3 Cara Membuat Proyektor Menggunakan Kardus
  1. Potong gagang dari kaca pembesar.
  1. Pertama posisikan kotak sepatu dalam posisi tegak, lalu buatlah pola bulat pada bagian sisi lebar kotak sepatu sesuai dengan ukuran kaca cembung pada kotak sepatu.
  1. Kemudian buatlah lubang sesuai dengan pola yang dibuat untuk tempat kaca pembesart.
  1. Setelah lubang lensa jadi, posisikan kaca pembesar pada lubang tersebut dan kuatkan dengan doubletip atau lem tembak.
  1. buatlah dudukan hp dengan menggnakan styrofoam.
  1. Proyektor siap digunakan.

4.2 Penerapan
  1. Jalankan aplikasi teamviewer pada komputer dan HP.
  2. Pada Hpnya kita masukkan ID Teamviewer PC, lalu tekan remote control kemudian masukkan passwordnya dan tekan OK
  3. Setelah berhasil, kita dapat melihat layar komputer di HP seperti layaknya sedang di depan monitor.
  4. Letakkan HP di belakang lensa, sesuaikan dengan posisi lensanya dan sebelumnya atur kecerahannya terlebih dahulu.
  5. Jika sudah, tampilan layar HP akan dipancarkan oleh proyektor.


BAB V
Kesimpulan dan Saran

    1. Kesimpulan
  1. Dalam pembuatan proyektor sederhana kita perlukan kardus sepatu. Kita juga perlukan aplikasi untuk remote pcnya. Untuk kaca pembesarnya juga harus diatur dan disesuaikan supaya pada saat proyektor sudah jadi dan penerapannya sesuai dengan yang diharapkan.
  2. Dalam penerapannya kita bisa menggunakan proyektor sederhana ini dengan mudah. Karena hanya meremot PC lewat HP. Untuk cahaya sudah otomatis dari HP yang sudah diatur kecerahannya dan supaya hasil pancarannya lebih maksimal tutup korden jendela ruang kelas.
    1. Saran
Dalam kesempatan yang baik ini, perkenankanlah penulis mengajukan saran dan kritik yang tertuju kepada sekolah :
  1. Hasil proyektor sederhana ini diharapkan dapat menggantikan LCD proyektor yang rusak.
  2. Penulis berharap dengan adanya proyektor sederhana ini dapat mempermudah proses KBM di jurusan TKJ SMK N 1 Slawi.
  3. Proyektor sederhana ini diharapkan dapat dijadikan inventaris di jurusan TKJ SMK N 1 Slawi.

DAFTAR PUSTAKA



BIOGRAFI PENYUSUN
       1. Nama : Rini Irmayani
Kelas : XII TKJ 3
Alamat : Ds. Pagiyanten Kec. Adiwerna
No Hp : 085225210016
FB : Rini Irmayani
Email : riniirmayani01@gmail.com
Blog : -


2. Nama : Rizqi Khoerunnisa
Kelas : XII TKJ 3
Alamat : Ds. Jatirawa Kec. Tarub
No Hp : 085226176935
FB : Rizqi KhoerunNisa
Email : rizqiikhoerunnisa5@gmail.com
Blog : -


3. Nama : Sandi Duari Laksono
Kelas : XII TKJ 3
Alamat : Ds. Jatimulya Kec. Lebaksiu
No Hp : 082314732823
FB : Sandi Duari Laksono
Email : sandiduari06@gmail.com
Blog : -

4. Nama : Sevia Munaroh
Kelas : XII TKJ 3
Alamat : Ds. Kedungbanteng Kec. Kedungbanteng
No Hp : 085226642191
FB : Sevia Ma
Email : seviamunaroh@gmail.com
Blog : -


5. Nama : Suci Nur Hikmah
Kelas : XII TKJ 3
Alamat : Ds. Depok Kec. Pangkah
No Hp : 082134152689
FB : Suci Nur Hikmah
Email : scnrhkmh14@gmail.com
Blog : -










4 komentar:

  1. Untuk penjelasan mseklha gurunya berapa, pelajaran berapa, dll itu diperlukan ya dalam laporan?

    BalasHapus
  2. Saya akan sangat merekomendasikan layanan pendanaan meridian Le_ kepada siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan dan mereka akan membuat Anda tetap di atas direktori tinggi untuk kebutuhan lebih lanjut. Sekali lagi saya memuji diri sendiri dan staf Anda untuk layanan luar biasa dan layanan pelanggan, karena ini merupakan aset besar bagi perusahaan Anda dan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan seperti saya. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik untuk masa depan. Layanan pendanaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman yang mudah, di sini ada email .. lfdsloans@lemeridianfds.com Atau bicaralah dengan Bpk. Benjamin Di WhatsApp Via_. 1-989-394-3740
    Terima kasih telah membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dalam hati yang tulus, saya selamanya berterima kasih.

    BalasHapus

LAPORAN KERJA PROYEK KELOMPOK 5 XII TKJ 3 SMK N 1 SLAWI 2018

LAPORAN TUGAS AKHIR KERJA PROYEK MEMBUAT PROYEKTOR SEDERHANA MENGGUNAKAN KARDUS UNTUK HP YANG DIHUBUNGKAN DENGAN LAPTOP YANG ...